proposal usaha optik

USAHA OPTIK

NAMA : DIAN KARTIKA SARI
KELAS : XII PEMASARAN 2

DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
SMK NEGERI 1 TENGGARONG
KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikkum . . . .wr . . . .wb
Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena berkat rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan PROPOSAL “USAHA SEMBAKO “

Sholawat dan salam tidak lupa penyusun limpahkan kepada junjungan alam Nabi Besar Muhammad SAW, karena berkat jasa-jasa beliaulah penyusun mampu berkarya seperti sekarang ini.

Pembuatan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu Tugas Mata Pelajaran PRODUKTIF PEMASARAN. Dan untuk mengajari kami betapa pentingnya nasionalisme bagi kehidupan.
Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga proposal ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Proposal ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan karya ilmiah ini.
Semoga karya ilmiah ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Amiin
Wassalamu “alaikum…… Wr…… Wb……

Tenggarong 8 Februari 2013
Penyusun

DIAN KARTIKA SARI

BAB 1
Pendahuluan
A. Latar Belakang
Pada saat ini terbilang banyak dan beraneka ragam usaha yang berkembang.Dunia mode pun sekarang dalam luar dan dalam negeri sangat berpengaruh bagi masyarakat termasuk mode kacamata dan softlens.
Oleh karena itu saat ini banyak toko optik bermunculan yang memiliki tenaga kerja yang ahli dan berkompeten.Hal itulah yang mendorong saya ingin membuka usaha optik.Karena menurut saya toko optik yang ada di kota saya cukup sedikit maka dari itu saya melihat peluang yang cerah untuk usaha optik tersebut.
Kebutuhan akan penggunaan kacamata optik semakin tinggi. Sekitar 40 % penduduk Indonesia atau sekitar 80 juta orang di Indonesia membutuhkan kacamata (optik), hal ini disampaikan oleh Dirjen Industri Logam, Mesin, Tekstil. Inilah peluang Usaha yang sangat baik untuk saya, mengingat keuntungan dari harga jual kacamata per frame bisa mencapai 25% sampai 30%.

B. Tujuan
Tujuan sebagai produsen (konsumen) akan memberikan tanggapan yang positif bagi konsumen. Informasi yang jelas secara visual maupun verbal dan tidak menyinggung perasaan konsumen akan menguntungkan dipihak produsen. Harapan positif di hati masyarakat merupakan tujuan utama produsen dalam menawarkan produknya, sehingga bisa diterima di pasaran. Berbagai cara produsen dalam mempromosikan produknya melalui periklanan diharapkan mendapatkan citra positif konsumen.Penilaian konsumen terhadap produk, untuk :
 Memperoleh penilaian baik dari konsumen.
 Memupuk baik dan memberi pengertian tentang
produk yang dibutuhkan konsumen.

 Memperoleh etiket baik dari konsumen dalam
membantu mempromosikan produk.
 Mengatasi prasangka buruk pada konsumen terhadap
produk yang ditawarkan.
 Mendidik konsumen untuk menggunakan produk yang
disajikan pada iklan
 Memberikan penerangan dan pendidikan terhadap
konsumen.
Bila informasi yang disampaikan jelas sesuai dengan segmen tentunya akan mendapat tanggapan positif dari pihak konsumen yang akhirnya membeli produk yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

C. Strategi Pemasaran
Strategi yang kami buat untuk menentukan tujuan yang terbaik .Begitu pula dengan pemasaran optik kami, strategi pemasaran digunakan untuk meningkatkan produktivitas usaha diantaranya dengan (4P) yaitu Produk (Product), Harga (Price),Distribution (Penyalur), Promosi (Promosion) sebagai berikut :
a. Produk (Product)
Kami akan menawarkan barang-barang yang berkualitas dan kami akan selalu meng-update jenis softlens,lensa dan frame kacamata yang kami miliki.
b. Harga (Price)
Harga kacamata, lensa dan frame yang kami jual ke
konsumen berkisar antara Rp.100.000.-/Rp.1.000.000,-.
c. Distribution (Penyalur)
Distribusi yang kami gunakan memakai distribusi ekslusif.Kami tidak mendistribusikan barang kami,karena kami sudah banyak mendirikan outlet sendiri.
d. Promosi (Promotion)
Promosi yang dapat mendukung pemasaran bisnis optik kami yaitu dengan menyediakan layanan pemeriksaan mata dan konsultasi secara gratis.Selain di jual di toko optik kami juga mempromosi- kan kacamata, lensa dan frame ke kantor-kantor, lingkungan komplek perumahan melalui sales-sales dan event-event.

Selain itu kami juga mempromosikan produk optik kami
melalui :
 Media cetak berupa iklan pada harian surat kabar atau
majalah.
 Media elektronik berupa iklan melalui siaran radio,
internet dan televisi.
 Media promosi dari mulut ke mulut, dengan memberikan kepuasan kepada setiap konsumen maka mereka akan mempromosikan keunggulan optik kami kepada kerabat maupun teman – teman mereka. Sehingga informasi bisnis optic kami dapat tersebar luas.
 Kami juga mengadakan program diskon atau program lainnya

secara berkala, sehingga loyalitas konsumen tetap terjaga.
Kami juga mempromosikan produk kami dengan promotion Mix ada 4, yaitu :
1. Publisitas yaitu memberikan gambaran tentang manfaat dan kelebihan produk.
2. Personal Selling yaitu promosi dari rumah ke rumah.
3. Periklanan yaitu pemberian informasi mengenai diskon / sale.
4. Promosi Penjualan yaitu pemberian potongan penjualan.

Selain itu kami juga melayani penjualan melalui via online/internet dengan beralamatkan zahira_optik@g.mail.com sehingga pelanggan kami dapat dengan mudah memesan barang-barang yang kami jual.

D. Keunggulan Produk
Keunggulan dari produk kami adalah :
1. Terbuat dari kualitas terbaik.
2. Softlens yang kami jual memiliki warna dan bentuk yang beragam.
3. Produk yang kami jual sudah mendapatkan sertifikasi dari persatuan dokter mata dunia.
4. Harga yang sesuai kualitas.
5. Frame kacamata terbuat dari bahan terbaik.
6. Kami juga memproduksi kacmata fantasi sehingga yang tidak mengaami gangguan matapun dapat menggunakannya.

E. Target Market
Adapun target pasar kami ialah :
a. Demografi
Ekonomi menengah hingga keatas dan kalangan menengah hingga bawah dapat membeli kacamata, lensa dan frame yang kami jual, dengan pemberian harga yang terjangkau sehingga konsumen yang menjadi target pasar kami seperti para pelajar, mahasiswa, karyawan,serta masyarakat umum yang kesehatan matanya sudah terganggu dapat membeli produk yang kami jual.Selain itu yang menjadi target pasar kami bukan hanya yang mengalami gangguan mata tetapi juga konsumen yang hanya ingin memakai kacamata atau soflens sebagai penunjang gaya mode mereka.Karena kami juga memproduksi kacamata fantasi jadi sasaran pasar kami tidak terpaku pada konsumen yang mengalami gangguan kesehatan mata saja.

b. Geografi
Berdasarkan target market di dalam memasarkan melalui geografi atau wilayah. Orang-orang disatu wilayah kota atau daerah memiliki kebutuhan dan perilaku konsumtif yang berbeda dengan mereka yang berada di wilayah lain. Saya lebih banyak menjual produk-produk optik saya di kawasan Asia.Karena orang asia sangat ingin memiliki mata yang indah dan berwarna seperti orang-orang yang ada di kawasan barat.Produk optik kami sangat cocok untuk berbagai daerah tropis maupun subtropis.

c. Psikografi
a) .Kelas sosialnya yaitu menegah keatas.
b) .Bergaya hidup sehat
c) Memiliki kepedulian terhadap tradisionalisme.

BAB II
UMUM

1. Nama Usaha
Nama usaha perusahaan kami adalah :
“D.K.S OPTIK ”

2. Pemilik Usaha
Pemilik usaha adalah :
“DIAN KARTIKA SARI”

3. Bentuk Usaha
Bentuk usaha perusahaan kami adalah :
“PERORANGAN”

4. Bidang Usaha
Bidang usaha perusahaan kami adalah bergerak di bidang :
“OPTIK”

5. Lokasi
Lokasi usaha/perusahaan kami terletak di daerah :
“BELIDA KEL.TIMBAU KEC.TENGGARONG KAB.KUKAR”

6. Jumlah tenaga kerja
Jumlah tenaga kerja di perusahaan kami adalah berjumlah :
 1 Orang ( Manager)
 1 Orang (Casier)
 3 Orang (Penjaga Toko)

BAB III
PERIZINAN

Izin Usaha (SITU,SIUP) : (Terlampir)
Izin Penggunaan Tanah : (Terlampir)
Izin Bangunan : (Terlampir)
Izin Undang-Undang : (Terlampir)
Izin Lain-Lain : (Terlampir)

Nomor : 221/ES/2013
Lampiran : 5 ( Lima ) Lembar
Perihal : Permohonan rekomondasi
Untuk memperoleh SITU

Yth. Sdr. Lurah/Kepala Desa Timbau
Kecamatan TENGGARONG
Kabupaten KUTAI KARTANEGARA
di-

TENGGARONG

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Dian Kartika Sari
Alamat : Jln.Belida RT.07 NO.70 Kel.Timbau Kec.Tenggarong
Dengan ini mengajukan permohonan rekomendasi pembuatan Izin Tempat Usaha, untuk usaha OPTIK
Untuk melengkapi permohonan rekomendasi penerbitan SITU dari Sdr. Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara RITA WIDYASARI, Sos, MM berikut ini kami lampirkan :
1. Surat izin dari para tetangga yang sudah diketahui oleh RT dan RW.
2. Fotocopy KTP
3. Fotocopy lunas PBB
4. Fotocopy IMB dan Gambar Denah
5. NPWP
Demikianlah surat permohonan rekomendasi izin tempat usaha, sebelumnnya kami ucapkan terima kasih.

Tenggarong,08 Februari 2013
Hormat saya,

DIAN KARTIKA SARI
SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini, kami para tetangga kiri-kanan, muka belakang, menyatakan persetujuan dan mengizinkan kepada Sdri, Dian Kartika Sari bertempat tinggal di Jln.Belida No.70 Rt.07 Kelurahan/Desa.Timbau Kecamatan.Tenggarong Kabupaten.Kutai Kartanegara untuk membuka usaha OPTIK

No Nama Alamat Tanda Tangan Keterangan
1.

2.

3.

4.

5.
SAIDATUL

ERNI

ARMANSYAH

AJI ADE SEOUL

FADLIANSYAH JLN.BELIDA RT.07

JLN.BELIDA RT.07

JLN.BELIDA RT.07

JLN.BELIDA RT.07

JLN.BELIDA RT.07

Tenggarong,08 Februari 2013
Mengetahui
Ketua Rt 07
Kelurahan/Desa

RITA SUSANTI

Surat Permohonan Izin Usaha Perdagangan

Kepada
Yth. Kepala Kantor Wilayah/
Departemen Perdagangan

KAB.KUTAI KARTANEGARA
Di,
TENGGARONG

SURAT PERMOHONAN IZIN USAHA PERDAGANGAN
(DIISI DENGAN HURUF CETAK)

Nomor : 221/ES/2013

I. Identitas Permohonan Izin :
(Tandai dengan  bagi perusahaan)
1. Mendirikan perusahaan

2. memperluas perusahaan

3. Memperkecil perusahaan

4. Mengalihkan perusahaan

5. Memindahkan perusahaan

6. Mengubah perusahaan
II. Identitas Perusahaan
1. Nama Perusahaan
2. Bentuk Perusahaan
[Perseroan Terbatas (PT). Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Koperasi, Persekutuan Komanditer (CV), Persekutuan Firma, Persekutuan Perorangan]
3. a. Alamat Perusahaan *)
Jalan/lorong dan nomor Kelurahan/Desa, RT dan RW/RK Kecamatan/Kota Kabupaten, Kota Madya Propinsi
b. Lokasi perusahaan (bila perusahaan berada di Pusat Pertokoan/Pembelanjaan/Perkantoran, jelaskan lantai dan ruangan)
4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

• Sebutkan keterangan mengenai status tempat usaha Milik sendiri/sewa/kontrak/caea lain
: D.K.S OPTIK
: Perorangan

: –
: Jln.Belida Rt.07 Kel.Timbau Kec.Tenggarong Kab.Kutai Kartanegara Prov.Kalimantan Timur
: Pinggir jalan belida dekat penyebranggan fery

: 22100872
III. Identitas Pemilik/Penanggung Jawab Perusahaan.
1. Nama Lengkap
2. Tempat, Tanggal Lahir :
3. Alamat rumah/tempat tinggal ( Lampirkan fotocopy KTP )
4. Suami/Istri**)
IV. Legalitas Perusahaan
1. Akta pendirian/perubahan perusahaan
a. Nama Notaris
b. Nomor/Tanggal Akta Notaris (Lampirkan salinan Akta Notaris)
c. Nomor/Tanggal pengesahan Akta Notaris dari Departemen Kehakiman/Pengadilan Negeri
2. Izin lainnya
: Dian Kartika Sari
: Balikpapan 3 mei 1995
: Jln.Belida RT.07 NO.70

: –

: Muhammad Noor Ikhfan
: 222/DEP/13

: 1432, 11-01-2013

: –
V. Jumlah Modal dan Kekayaan Bersih (Netto) Perusahaan pada saat mengajukan SPI
: Rp……………………………….
VI. Kegiatan Usaha
1. Produksi barang dan atau jasa
2. Perdagangan barang dan atau jasa
3. Jenis barang/jasa dagangan utama
: Optik
: Optik
: Kebutuhan Sekunder
VII. Hubungan dengan Bank
1. Bank dalam negeri

2. Bank luar negeri
1. a. Nama : BRI
b. Alamat : Jln.A.Muksin
2. a. Nama : –
b. Alamat :-

1. a. Nama : –
b. Alamat : –
2. a. Nama : –
b. Alamat : –
Demikian Surat Permohonan ini telah diisi/dibuat dengan sebenarnya dan apabila kemudian hari ternyata keterangan-keterangan tersebut tidak benar maka kami bersedia di cabut SIUP-nya dan atau di tuntut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Tenggarong, 08 Februari 2013
Penggunaan Lembar SPI Tanda tangan Pemilik
1. Lembar pertama : Pejabat yang menerbitkan SIUP penanggung jawab perusahaan
2. Lembar Kedua : Perusahaan yang bersangkutan
3. Lembar Ketiga : Kanwildag/Kandag tempat Dian Kartika Sari
domisili perusahaan Cap dan matrai
Rp. 6.000

BAB IV
Rancangan Perdagangan
1. Jenis Produksi
Jenis produksi dari perusahaan kami adalah :
“PERDAGANGAN”

2. Bentuk Produksi
Bentuk produksi dari perusahaan kami adalah :
“ USAHA DAGANG”

3. Ukuran Produksi
Ukuran produksi dari perusahaan kami adalah :
“MASSAL”

4. Bungkus Produksi
Bungkus produksi dari perusahaan kami adalah :
“KEMASAN PLASTIK”

BAB V

Pemasaran atau Saingan
1. Daerah Pemasaran : Belida
2. Sistim Perjalanan Produk : Ambil Dari Agen
3. Jumlah toko sejenis : Tidak ada
4. Saingan dagang sejenis : Tidak ada
5. Jumlah seluruh toko dan usaha sejenis : Tidak Ada

PENUTUP

Dengan Memanjatkan Puji Syukur Kehadirat Tuhan yang Maha Esa, Maka Terselesaikanlah Proposal ini.Kami Berharap Semoga Usaha yang Kami Jalankan Dapat Berkembang, Untuk itu Kami Membutuhkan Bantuan Dari Investor. Kami Yakin Dengan Rencana ini Usaha yang Akan Kami Lakukan Mampu Memperoleh Keuntungan Besar.
Dan hal-hal yang Belum Tercantum Pada Proposal ini Akan dibahas Secepatnya, Dan yang Tercantum Akan diTinjau Kembali Sebagai Pengajuan dan Sebagai Bahan Pertimbangan Bagi Investor.Atas Waktu dan Perhatiannya Saya Ucapkan Banyak Terima Kasih.
Wassalammualaikum Wr . Wb

2 thoughts on “proposal usaha optik

  1. sangat bermanfaat,,terima kasih atas informasi/artikel yg dibuat, namun yg sangat ingin saya tanyakan apakah usaha peroptikan yg dijalankan saat ini sdh memenuhi persyaratan berdiri sebuah optikal. Standar kesehatan yang optimal dan penyediaan Tenaga Ahli Profesi yang mendukung berdirinya suatu optikal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s